SILABUS
Matematika
VIII-2 Kurikulum 2013
Bab 1 Lingkaran
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi
Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)
pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik
mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi
sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran
untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami
pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata. |
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori. |
Pembelajaran
untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut.
KOMPETENSI
DASAR |
MATERI
PEMBELAJARAN |
KEGIATAN
PEMBELAJARAN |
Siswa mampu: 3.7 Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya; 4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya. |
Lingkaran, meliputi: 1. Lingkaran; 2. Unsur-unsur lingkaran; 3. Hubungan sudut pusat dengan
sudut keliling; 4. Panjang busur; 5. Luas juring; 6. Luas tembereng. |
1. Mencermati peragaan atau
pemodelan yang berkaitan dengan lingkaran serta unsur-unsur lingkaran; 2. Mencermati
masalah atau bentuk benda-
benda di sekitar yang berkaitan dengan lingkaran; 3. Melakukan percobaan untuk menemukan rumus keliling
lingkaran, panjang busur, dan luas juring lingkaran; 4. Mencermati cara melukis sudut
pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran menggunakan jangka dan
penggaris; 5. Menyajikan hasil
pembelajaran tentang lingkaran; 6. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan lingkaran. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar