RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Negeri 3 Ambon
Mata
Pelajaran : Matematika Wajib
Kelas/Semester
: XI/ Gasal
Materi : Barisan dan Deret Aritmatika
Alokasi
Waktu : 2 x 45 Menit (1 x Pertemuan)
A. Kompetensi
Inti (KI)
No |
Kompetensi Inti |
KI.1 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya |
KI.2 |
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, santun, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai),
bertanggungjawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat
dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional |
K1.3 |
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah |
KI.4 |
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan |
B. Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No |
Kompetensi
dasar (KD) |
No |
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.6 |
Menggeneralisasi
pola bilangan dan jumlah pada barisan Aritmatika dan Geometri |
3.6.1 3.6.2 |
Menjelaskan
pengertian barisan dan deret aritmatika Menentukan
rumus suku ke-n barisan aritmatika dan jumlah suku ke-n deret aritmatika |
4.6 |
Menggunakan
pola barisan aritmetika atau geometri untuk menyajikan dan menyelesaikan
masalah kontekstual (termasuk pertumbuhan, peluruhan, bunga majemuk, dan
anuitas) |
4.6.1 4.6.2 |
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika |
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui model pembelajaran
Discovery Learning dengan memiliki sikap responsif, kreatif serta kerjasama
dengan baik dan komunikatif peserta didik dapat :
1. Menjelaskan
pengertian barisan dan deret aritmatika
2. Menentukan
rumus suku ke-n barisan aritmatika dan jumlah suku ke-n deret aritmatika
3. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika
4. Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika
D. Materi
Pembelajaran
1. Barisan
dan deret aritmatika meliputi:
a. Definisi
barisan dan deret aritmatika
b. Rumus
sukuke-n barisan aritmatika dan jumlah suku ke-n deret aritmatika
c. Suku
tengah barisan aritmatika
2. Konsep
aplikasi barisan dan deret aritmatika
3. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmetika dalam kehidupan
sehari-hari
E.
Model/Metode
Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery
Learning
Metode : Ceramah, diskusi kelompok, dan
penugasan
F. MediaPembelajaran
Media : Laptop
Alat : Lembar Kerja, alat peraga
G.
Sumber
Belajar :
1. Manullang,
dkk. 2017.Buku Siswa Matematika Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Kemendikbud.
2. Sobirin.
2007. Fokus Matematika untuk SMA. Jakarta: Erlangga.
H.
Kegiatan
Pembelajaran (2 x 45 menit)
Proses pembelajaran menggunakan
model Discovery Learning. Pelaksanaan pembelajaran secara umum dibagi menjadi
tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
Kegiatan pendahuluan |
Keterangan |
1.
Salam 2.
Mengecek kehadiran siswa 3.
Berdoa 4.
Menyampaikan tujuan dan cakupan materi yang akan
disampaikan 5.
Menyampaikan garis besar model/metode pembelajaran
yang akan dilakukan. |
10 Menit |
Kegiatan Inti |
Keterangan |
6.
Stimulation (pemberian rangsangan) Guru
Mengorganisir peserta didik kedalam kelompok-kelompok yang heterogen (3-5)
orang. Heterogen berdasarkan tingkat kognitif, jenis kelamin dan etnis. Guru
memfasilitasi setiap kelompok untuk mengorganisasikan kelompoknya (memilih
ketua) secara demokratis, dan membagi tugas masing-masing anggota kelompok
melalui LKS yang disiapkan guru 7.
Problem statement (identifikasi masalah) Peserta
didik mengidentifikasi unsur-unsur atau masalah dan merumuskan barisan dan
deret aritmatika. 8.
Data collection (pengumpulan data) Peserta didik
mencari dan mengumpulkan data/informasi untuk mengetahui rumus barisan dan
deret aritmatika 9.
Data processing (pengolahan data) Peserta didik
menyelesaikan masalah yang telah dirumuskan dengan menggunakan berbagai
metode 10.
Verification (pembuktian) Peserta didik
membandingkan diskusi antar kelompok untuk memverifikasi penyelesaian
masalah. Peserta didik diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi dan
kelompok lain memperhatikan hasil diskusi kelompok yang presentasi di depan 11.
Generalization (menyimpulkan) Peserta didik
menggeneralisasikan hasil kesimpulannya pada permasalahan barisan dan deret
aritmatika 12.
Guru memberikan tes/soal atau masalah kepada
peserta didik secara individu dan menentukan nilai individual dan nilai
kelompok.(evaluasi |
25 Menit |
Kegiatan Penutup |
Keterangan |
13.
Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi
pelajaran tentang barisan dan deret aritmatika 14.
Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang
telah dipelajari dengan membuat catatan 15.
Guru memberikan penguatan Mengingatkan dan meminta
peserta didik untuk mempelajari materi berikutnya barisan dan deret geometri 16.
Guru memberikan tugas project membuat formula
barisan dan deret aritmatika 17.
Guru menyampaikan salam penutup |
10 Menit |
I.
Penilaian
Hasil Belajar
1. Teknik
Penilaian:
a. Penilaian Sikap
: Observasi/Pengamatan
b. Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian
Keterampilan : Unjuk kerja; Presentasi
2. Bentuk
Penilaian :
a. Observasi : Jurnal guru
b. Tes
Tertulis : Uraian
c. Unjuk
Kerja : Laporan; Paparan
3. Instrumen
penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan (terlampir)
Mengetahui,
Ambon, 23 Desember 2023
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Tersi G. Nurue
Tidak ada komentar:
Posting Komentar